Banyak industri makanan di Indonesia
menimbulkan persaingan yang ketat sehingga perlu menjaga serta meningkatkan
mutu penjualan dan kualitas mutu produk tersebut . Tujuan dari pengawasan
tersebut untuk menghasilkan produk yang memiliki mutu terbaik, serta perusahaan
harus dapat membandingkan tingkat jumlah penjualan dari tahun ke tahun baik
tahun sebelumnya maupun tahun yang akan datang dengan cara meramalkan (forecasting).
Peramalan atau forecasting
adalah suatu permintaan akan produk dan jasa diwaktu mendatang dan
bagian-bagiannya adalah sangat penting dalam perencanaan dan pengawasan
produksi (Handoko, 2000: 255). Peramalan merupakan usaha untuk meramalkan
keadaaan di masa mendatang melalui pengujian keadaan di masa lalu. Esensi
Peramalan adalah perkiraan peristiwa-peristiwa di waktu yang akan dating atas
dasar pola-pola di waktu yang lalu, dan penggunaan kebijakan terhadap
proyeksi-proyeksi dengan pola-pola di waktu yang lalu. Hal ini dapat dilakukan
dengan melibatkan pengambilan data masa lalu dan menempatkan ke masa yang akan
dating dengan suatu bentuk model mamematis (Prasetya dan Lukiastuti, 2009: 43).
Maka arti forecasting itu
sendiri adalah suatu kumpulan data yang menuliskan dan menerangkan kegiatan
pada waktu yang akan datang,di mana perusahaan harus mampu meramalkan berapa
jumlah penjualan yang akan dihasilkan pada waktu mendatang. Peramalan atau forecasting sangat di perlukan dalam suatu perusahaan, agar
perusahaan tersebut dapat memperhitungkan berapa persen dari angka penjualan
tersebut dapat terjual dengan target yang di inginkan. Apakah target penjualan sudah sampai pada titik
impas tertinggi yang di inginkan atau belum. Jika belum kita dapat menggunakan
metode forecastimg atau yang lebih di
kenal dengan metode peramalan di mana metode ini sangat di perlukan dalam
meramalkan berapa besarnya produk yang di terima oleh masyarakat dan dengan
metode forecasting tersebut
perusahaan dapat mengetahui ketidakpastian yang terjadi dimasa yang akan
datang, serta dengan mudah perusahaan dapat mengantisipasi apa saja yang
terjadi dimasa akan datang. Karena dengan memakai metode forecasting di harapkan perusahaan ini dapat meningkatkan mutu
penjualan dari waktu ke waktu .
Jika perusahaan tersebut mengalami peningkatan dalam menjalankan
penjualannya maka perusahaan tersebut sudah dapat di katakan perusahaan yang
maju karena dapat memberikan warna kemasan tersendiri yang mudah di ingat oleh
konsumen dan kualitas produk yang di terima oleh konsumen.
PT Indofood Sukses Makmur, tbk merupakan salah satu perusahaan yang
melakukan kegiatannya di bidang ini. Peramalan atau forecasting sangat penting dilakukan untuk mengetahui apakah
penjualannya dapat seoptimal mungkin. Serta untuk menghindari resiko yang tidak
diinginkan agar dapat mencapai suatu keuntungan.
Mengingat pentingnya peramalan penjualan bagi
perusahaan untuk membuat keputusan di masa yang akan datang. Dan diharapkan
dapat memberikan dampak yang positif bagi perusahaan untuk dapat mengoptimalkan
penjualan semaksimal mungkin. Hal inilah yang membuat penulis tertarik untuk
membahas masalah forecasting sebagai
penulisan ilmiah dengan judul “ANALISIS
PERAMALAN PENJUALAN DENGAN METODE MOVING AVERAGE, WEIGHT MOVING AVERAGE, DAN
METODE EXPONENTIAL SMOOTHING PADA PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR, Tbk.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar