Pengaruh biaya promosi dan biaya distribusi terhadap penjualan pada PT Indofood Sukses Makmur, Tbk, Didin Mukodim, 2007
Tema
Pengaruh promosi terhadap Volume penjualan
Latar Belakang Masalah
a) Fenomena
Kegiatan pemasaran harus dilakukan sesuai dengan tujuan perusahaan memperoleh keuntungan yaitu dengan mengadakan kegiatan promosi yang terarah, terncana dan terpadu.
c) Motivasi Penelitian
Konsumen dapat mengenal produk perusahaan dan tertarik untuk membeli produk tersebut.
Masalah
Pengaruh biaya promosi dan biaya distribusi terhadap penjualan yang dilakukan pada PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk.
Tujuan Penelitian
Untuk menelaah dan menganalisis pengaruh biaya promosi dan biaya distribusi terhadap penjualan yang dilakukan pada PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk.
Metodologi Penelitian
a) Data dan Sample
Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder karena didapat dari situs internet yaitu www.jsx.co.id atau dengan mencari situs dari PT. Indofood Sukses Makmur pada periode 1999-2006.
b) Variabel
c) Tahapan Penelitian
distribusi terhadap penjualan tiap tahunnya pada PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. periode 1999 – 2006.
d) Model Penelitian
Merupakan data pemasaran dari PT Indofood Sukses Makmur, Tbk.
Hipotesis
Biaya promosidan Biaya Distribusi benar-benar berpengaruh secara signifikan terhadap penjualan.
Riset dan Analisis
Perkembangan penjualan dari tahun ke tahun secara fluktuasi, baik dilihat dari rupiah maupun persentasenya. Pada tahun 1999-2000 persentase penjualan mencapai 23.42%, sedangkan pada tahun 2000-2001 mengalami penurunan sampai dengan 11.66%. Selama tahun 2002 2003 mengalami kenaikan sebesar 11.83%, tahun 2004 mengalami penurunan sebesar 0.83%, tahun 2005 mengalami kenaikan sebear 3.06% dan pada akhir 2006 mengalami kenaikan sebesr 17.47%.
Implikasi
Dari uraian tersebut di atas secara keseluruhan terdapat pengaruh antara biaya promosi dan biaya distribusi terhadap jumlah penjualan pada PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk.
ANALISIS JURNAL 2
Analisis pengaruh variable marketing mix terhadap volume penjualan pada PT Danrilis di Sukoharjo, T.S. Wahyu Prima Indrayana, 2009
Tema
Pengaruh promosi terhadap volume penjualan
Latar Belakang Masalah
a) Fenomena
untuk menarik konsumen melakukan pembelian maka perusahaan harus bisa menerapkan suatu strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan kondisi pasar yang dihadapi. Keberhasilan strategi pemasaran dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu riset dan analisa pasar, keputusan tentang produk, penetapan harga, promosi dan distribusi. Semakin berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan.
b) Penelitian Sebelumnya
Penelitian oleh Agus Triyono (2005) dengan judul Skripsi “Pengaruh Promotional Mix Terhadap Volume Penjualan PT. Daya Manunggal Di Salatiga”. Penelitian oleh Renny (2006) dengan judul skripsi “Pengaruh Variabel-Variabel Promotional Mix terhadap Volume Penjualan Pada Perusahaan UD. Lestari Di Karanganyar”.
c) Motivasi Penelitian
meningkatkan volume penjualan untuk seluruh produk yang dihasilkan dengan disertai oleh peningkatan penjualan.
Masalah
Apakah personal selling dan periklanan mempunyai pengaruh terhadap volume
penjualan pada PT. Danliris baik secara parsial maupun bersama-sama.
Tujuan Penelitian
1. Untuk menganalisis pengaruh personal selling terhadap volume penjualan.
2. Untuk menganalisis pengaruh periklanan terhadap volume penjualan.
3. Untuk menganalisis pengaruh personal selling dan periklanan secara bersamasama
terhadap volume penjualan.
Metodologi Penelitian
a) Data dan Sample
Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu data-data yang diperoleh
dari sumber-sumber tidak langsung atau yang telah disusun oleh pihak lain yang
ada kaitannya dengan penelitian.
Data ini meliputi :
1. Data mengenai gambaran umum perusahaan
2. Data volume penjualan tahun 1999-2008
3. Data mengenai biaya personal selling dan biaya periklanan.
b) Variabel
c) Tahapan Penelitian
Dilakukan dengan berbagai macam tahap uji hipotesis diantaranya Uji Normalitas Data, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear berganda, Uji t, Uji F, Uji R2.
d) Model Penelitian
Berupa data pemasaran yang didapat dari PT Danrilis
Hipotesis
Diduga ada pengaruh yang positif dan signifikan antara personal selling dan periklanan terhadap volume penjualan pada PT. Danliris baik secara parsial maupun bersama-sama.
Riset dan Analisis
1. Pengujian koefisien parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel personal selling dan periklanan signifikan terhadap volume penjualan.
2. Pengujian regresi serentak (uji F) menunjukkan bahwa variabel personal selling dan periklanan secara besama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan.
Implikasi
1. Mengingat personal selling berpengaruh terhadap volume penjualan perusahaan untuk lebih meningkatkan komisi bagi karyawan wiraniaga agar mereka dapat lebih terpacu lagi untuk meningkatkan kinerjanya.
2. Untuk membangun hubungan jangka panjang atau memperluas pasar perusahaan disarankan untuk tetap melakukan kegiatan periklanan dengan mempertimbangkan efektifitas media periklanan yang digunakan
ANALISIS JURNAL 3
Judul, Nama Pengarang, Tahun
Pengaruh variasi produk dan biaya promosi terhadap volume penjualan sepatu league pada showroom
Tema
Pengaruh promosi terhadap volume penjualan
Latar Belakang Masalah
a) Fenomena
Perusahaan-perusahaan yang jenis produknya sama saling mengungguli dan saling mengembangkan hasil produknya dengan harapan dapat menguasai pasar konsumen. Memperhatikan kondisi yang kompetitif ini berarti kesempatan atau terobosan untuk menembus pasar yang semakin luas, maka dari itu setiap produk baru dituntut untuk dapat menciptakan ide atau konsep pemasaran berupa strategi pemasaran yang tepat guna mendapatkan tempat dalam pasar konsumen yang ada.
b) Motivasi Penelitian
Pada penelitian ini permasalahan yang timbul adalah adanya penurunan volume penjualan, oleh karena itu penulis ingin mengetahui pengaruh variasi produk dan biaya promosi terhadap volume penjualan sepatu LEAGUE pada Showroom Sportindo Tunjungan Plaza 2 Surabaya.
Masalah
Apakah variasi produk dan biaya promosi secara simultan berpengaruh terhadap volume penjualan sepatu LEAGUE pada Showroom Sportindo.
Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui dan menganalisis variasi produk dan biaya promosi secara simultan berpengaruh terhadap volume penjualan LEAGUE pada Showroom Sportindo.
Metodologi Penelitian
a) Data dan Sample
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Sumber data yang digunakan adalah data atau dokumen dari Showroom Sportindo Tunjungan Plaza 2 Surabaya yang berhubungan dengan penelitian ini. Dokumen-dokumen tersebut berupa data mengenai sejarah showroom dan perusahaan, data tentang kegiatan dan biaya promosi, data tentang kriteria variasi produk dan data volume penjualan.
b) Variabel
c) Tahapan Penelitian
Dilakukan dengan berbagai macam tahap uji Hipotesis diantaranya uji ANOVA (F) dan uji t ( Uji Parsial ).
d) Model Penelitian
Berupa data promosi dan penjualan di Showroom Sportindo Tunjungan Plaza 2
Hipotesis
Variabel bebas yaitu variasi produk ( X1 ) dan biaya promosi ( X2 ) mempunyai pengaruh secara simultan terhadap variabel terikat dan terkait, dalam hal ini adalah volume penjualan ( Y ) Showroom Sportindo Tunjungan Plaza 2 Surabaya.
Riset dan Analisis
Variabel biaya promosi yang dibahas pada penelitian ini adalah besarnya biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan, dalam melakukan kegiatan promosi produk yang diterapkan pada Showroom Sportindo Tunjungan Plaza 2 Surabaya
Implikasi
Variabel variasi produk (X1) dan biaya promosi (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan sepatu LEAGUE
Tidak ada komentar:
Posting Komentar