Minggu, 29 April 2012

Latar Belakang Masalah


Banyak industri makanan di Indonesia menimbulkan persaingan yang ketat sehingga perlu menjaga serta meningkatkan mutu penjualan dan kualitas mutu produk tersebut . Tujuan dari pengawasan tersebut untuk menghasilkan produk yang memiliki mutu terbaik, serta perusahaan harus dapat membandingkan tingkat jumlah penjualan dari tahun ke tahun baik tahun sebelumnya maupun tahun yang akan datang dengan cara meramalkan (forecasting).
Peramalan atau forecasting adalah suatu permintaan akan produk dan jasa diwaktu mendatang dan bagian-bagiannya adalah sangat penting dalam perencanaan dan pengawasan produksi (Handoko, 2000: 255). Peramalan merupakan usaha untuk meramalkan keadaaan di masa mendatang melalui pengujian keadaan di masa lalu. Esensi Peramalan adalah perkiraan peristiwa-peristiwa di waktu yang akan dating atas dasar pola-pola di waktu yang lalu, dan penggunaan kebijakan terhadap proyeksi-proyeksi dengan pola-pola di waktu yang lalu. Hal ini dapat dilakukan dengan melibatkan pengambilan data masa lalu dan menempatkan ke masa yang akan dating dengan suatu bentuk model mamematis (Prasetya dan Lukiastuti, 2009: 43).
Maka arti forecasting itu sendiri adalah suatu kumpulan data yang menuliskan dan menerangkan kegiatan pada waktu yang akan datang,di mana perusahaan harus mampu meramalkan berapa jumlah penjualan yang akan dihasilkan pada waktu mendatang.  Peramalan atau forecasting sangat di perlukan dalam suatu perusahaan, agar perusahaan tersebut dapat memperhitungkan berapa persen dari angka penjualan tersebut dapat terjual dengan target yang di inginkan. Apakah  target penjualan sudah sampai pada titik impas tertinggi yang di inginkan atau belum. Jika belum kita dapat menggunakan metode forecastimg atau yang lebih di kenal dengan metode peramalan di mana metode ini sangat di perlukan dalam meramalkan berapa besarnya produk yang di terima oleh masyarakat dan dengan metode forecasting tersebut perusahaan dapat mengetahui ketidakpastian yang terjadi dimasa yang akan datang, serta dengan mudah perusahaan dapat mengantisipasi apa saja yang terjadi dimasa akan datang. Karena dengan memakai metode forecasting di harapkan perusahaan ini dapat meningkatkan mutu penjualan dari waktu ke waktu .
Jika perusahaan tersebut mengalami peningkatan dalam menjalankan penjualannya maka perusahaan tersebut sudah dapat di katakan perusahaan yang maju karena dapat memberikan warna kemasan tersendiri yang mudah di ingat oleh konsumen dan kualitas produk yang di terima oleh konsumen.
PT Indofood Sukses Makmur, tbk merupakan salah satu perusahaan yang melakukan kegiatannya di bidang ini. Peramalan atau forecasting sangat penting dilakukan untuk mengetahui apakah penjualannya dapat seoptimal mungkin. Serta untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan agar dapat mencapai suatu keuntungan.
Mengingat pentingnya peramalan penjualan bagi perusahaan untuk membuat keputusan di masa yang akan datang. Dan diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi perusahaan untuk dapat mengoptimalkan penjualan semaksimal mungkin. Hal inilah yang membuat penulis tertarik untuk membahas masalah forecasting sebagai penulisan ilmiah dengan judul “ANALISIS PERAMALAN PENJUALAN DENGAN METODE MOVING AVERAGE, WEIGHT MOVING AVERAGE, DAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING PADA PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR, Tbk.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar