Minggu, 30 Oktober 2011

TUGAS METODE RISET PERTEMUAN Ke 6 BAB III

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

PadaPT. Indofood Sukses Makmur, Tbk, dalam usaha meningkatkan volume penjualan agar dapat mencapai laba maksimal yaitu dengan melakukan kegiatan marketing mix. Khusus dalam penelitian ini hanya akan dianalisa mengenai pengaruh variabel-variabel yang terdiri dari promosi dan distribusi terhadap volume penjualan.

Adapun variabel yang berpengaruh adalah:

1. Variabel Independen (Variabel Bebas)

a. Promosi

Promosi merupakan aktivitas pemasaran untuk mengkomunikasikan informasi tentang perusahaan dan produknya kepada konsumen sehinggga menciptakan permintaan.

b. Distribusi

Distribusi adalah suatu kegiatan menyalurkan barang dan jasa disertai hak milik dari produsen ke konsumen.

2. Variabel Dependen (Variabel Terikat)

Variabel dependen dalam penelitian ini adalah volume penjualan. Data volume penjualan diambil selama 3 periode yaitu dari tahun 2007-2010

3.1 Data dan Sumber Data

Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu data-data yang diperoleh dari sumber-sumber tidak langsung atau yang telah disusun oleh pihak lain yang ada kaitannya dengan penelitian.

Data ini meliputi:

a. Data volume penjualan tahun 2007-2010.

b. Data mengenai biaya prmosi dan distribusi.

3.2 Metode Penelitian

Untuk pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian, metode yang digunakan adalah :

  1. Observasi

Dilakukan dengan mengadakan peninjauan langsung mengenai operasional toko untuk memperoleh gambaran yang sebenarnya.

  1. Dokumentasi

Dilakukan dengan melihat catatan mengenai data-data yang ada hubungannya dengan penelitian.

3.3 Metode Analisis Data

Analisis Regresi Linier Berganda

Adalah teknik analisa data untuk mengetahui pengaruh antara variable independen (X) terhadap variabel dependen (Y). Dimana variabel X terdiri dari Promosi (X1) dan Distribusi (X2) (Djarwanto Ps dan Pangestu Subagyo, 1993: 352). Rumus persamaan regresi adalah :

Y = a + b1 X1 + b2 X2 + e

Dimana :

Y = Volume penjualan

a = Nilai konstanta

b1b2 = Koefisien regresi

X1 = Biaya promosi

X2 = Biaya distribusi

Biaya promosi: adalah biaya yang dikeluarkan untuk melakukan aktivitas pemasaran untuk mengkomunikasikan informasi tentang perusahaan dan produknya kepada konsumen sehinggga menciptakan permintaan.

Biaya Distribusi: adalah biaya yang dikeluarkan untuk melakukan kegiatan menyalurkan barang dan jasa disertai hak milik dari produsen ke konsumen.

a. Uji Hipotesa dengan menggunakan uji t

Uji t ini dilakukan untuk melihat signifikan dari pengaruh variable independen secara individu terhadap variabel dependen. Dalam hal ini adalah untuk melihat signifikan dari masing-masing variabel promosi dan distribusi terhadap volume penjualan.

b. Uji hipotesa dengan menggunakan Uji F

Uji F digunakan untuk mengetahui besarnya dampak atau pengaruh secara nyata antar variabel bebas terhadap variabel terikat secara bersama-sama (Djarwanto Ps, 1993:268).

Sumber

Djarwanto PS dan Pangestu Subagyo, (1993), Statistik Induktif, Edisi 4, Yogyakarta :

BPFE.

ANALISIS PENGARUH VARIABEL MARKETING MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. DANLIRIS DI SUKOHARJO, T.S. WAHYU PRIMA INDRAYANA, 2009

PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN BIAYA DISTRIBUSI TERHADAP PENJUALAN PADA PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR, Tbk., Didin Mukodim, 2007

PENGARUH VARIASI PRODUK DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN SEPATU LEAGUE PADA SHOWROOM SPORTINDO TUNJUNGAN PLAZA 2 SURABAYA, INDRA BUDHI WIJAYA, 2010

Tugas ini diberikan oleh Pak Prihantoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar